Category: Review

Kaum Injili dan Politik

Keberadaan kelompok-kelompok Kristen dengan dinamikannya di negara-negara dunia ketiga cukup menarik perhatian untuk dijadikan bahan studi. Bukan hanya aspek perkembangannya yang cukup fenomenal, tapi juga bagaimana relasi Kekristenan dengan politik… Read more »

Mendefinisikan Agama: Substantif dan Fungsional

Dalam konteks ilmu-ilmu sosial, mendefinisikan agama sebagai sebuah fenomena merupakan hal yang menimbulkan perdebatan. Perdebatan pertama muncul di level analisis mana seharusnya fenomena keagamaan difokuskan: individu, komunitas, atau institusi keagamaan…. Read more »

Resensi Buku: The Future of Religion

Apa yang terjadi jika agama sebagai sebuah entitas yang absolut dan sakral masuk ke dalam dunia postmodern yang penuh tanda tanya, ketidakpastian, pesimisme, ironi, dan profan? Pertanyaan besar ini akan… Read more »

Resensi Buku: Global Pentecostalism

Fenomena meluasnya gereja-gereja pentakosta dan kharismatik di Indonesia menjadi suatu kajian menarik. Dan tentu saja fenomena ini tidak hanya bisa dilihat dari satu sisi, tapi mengandung banyak dimensi (multifacets), yang… Read more »

Christianity in Korea

Gemuruh gelombang kekristenan di Korea (Selatan) terdengar gaungnya hingga ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Menjadikan keingintahuan sekaligus pertanyaan besar: apa yang menyebabkan negara di semenanjung korea ini mengalami transformasi… Read more »