jklpk

Sebagai salah satu partisipan dari Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia (JKLPK), Perhimpunan Pustaka Lewi (PPL) berpartisipasi dalam forum Konsultasi Nasional XIII JKLPK yang diselenggarakan pada 17-20 Oktober 2019 di Yogyakarta.

Konsultasi Nasional (Konas) XIII ini mengambil tema “Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang mengalir”, dan subtema “Pembangunan inklusif dan sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat dan keadilan ekologis”.

Konsultasi Nasional berdasarkan Pedoman Kerja JKLPK merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi yang biasanya diadakan setiap tiga tahun dimana agenda utamanya adalah penyusunan isu-isu strategis nasional, suksesi kepengurusan Kelompok Kerja JKLPK (Pokja), dan menetapkan perubahan-perubahan dalam Pedoman Kerja.

Dalam Konas XIII ini Perhimpunan Pustaka Lewi berpartisipasi melalui kehadiran Sonny Saragih dalam kapasitas sebagai Pokja JKLPK periode 2016-2019 dan Santo Vormen dalam kapasitas sebagai Koordinator Regional JKLPK Region Jawa Timur 2019-2022.

Kehadiran PPL dalam forum ini juga membawa beberapa isu strategis yang telah ikut disumbangkan dan dirumuskan dalam forum Konsultasi Regional JKLPK Region Jatim pada 6-7 September 2019 di Balewiyata, Komplek Majelis Agung GKJW, Kota Malang. Dalam forum ini, dirumuskan isu strategis di tingkat Jawa Timur yaitu isu kemandirian lembaga, perempuan dan anak, serta ketahanan dan kedaulatan pangan.

Perhimpunan Pustaka Lewi menjadi partisipan resmi dari jejaring lembaga-lembaga pelayanan Kristen ini pada tahun 2010 dan disahkan melalui forum Konsultasi Nasional X JKLPK di Jakarta.