Pustaka Lewi Fasilitasi Diskusi Panel Peringatan Sumpah Pemuda PGIS Surabaya – PBSSS

      Comments Off on Pustaka Lewi Fasilitasi Diskusi Panel Peringatan Sumpah Pemuda PGIS Surabaya – PBSSS

Rabu 28 Oktober 2020, Pustaka Lewi memfasilitasi terselenggaranya kegiatan Diskusi Panel Peringatan Sumpah Pemuda Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Setempat Kota Surabaya (PGIS Kota Surabaya) dengan Persekutuan BEM STT Se-Jaringan Surabaya (PBSSS).

Tema yang diambil dalam diskusi panel ini adalah “Kontribusi Generasi Milenial terhadap Kesatuan dan Perdamaian Bangsa”. Bertindak sebagai panelis pembicara adalah representasi dari empat STT: Rizky Arya Susanto dari STT Tabernakel Indonesia (STTIA), Victor Joshua dari STT Happy Family (STTHF), Yogi Oktavianus dari Sekolah Tinggi Alkitab Surabaya (STAS), dan Teti Swarni Mendrofa dari STT Injili Efrata Sidoarjo. Diskusi selama dua setengah jam ini dimoderatori oleh Gilbeth Pramana Saputra dari STT Injili Indonesia Surabaya (STTII).

Pada kesempatan pertama, Rizky Arya Susanto menyampaikan paparan berjudul “Bersumpah untuk Tidak Menjadi Sampah” yang menekankan kontribusi generasi milenial harus menjadi substansi untuk mencapai aspirasi. Pembicara kedua, Victor Joshua menekankan bahwa anak muda adalah pemimpin hari ini, bukan besok, sehingga perubahan dimulai dengan apa yang ada di sekitar atau komunitas kita, termasuk di kampus masing-masing. Tema besar tentang pluralitas dibedah oleh Yogi Oktavianus dengan merujuk kembali sisi historis Sumpah Pemuda dimana keberagaman menjadi kekuatan yang membentuk bangsa ini. Teti Swarni Mendrofa sebagai pembicara keempat menekankan peran kaum wanita yang perlu mendapat ruang lebih untuk berkembang dan memperkuat konstribusi bagi bangsa.

Sedangkan panelis penanggap terdiri dari: Yordan M. Batara-Goa, ST, M.Si., pengajar di Universitas Wijaya Kusuma dan UK Petra, Wijaya Kusuma dan UK Petra 2, Pdt. Helbert I.I. Ondja, sekretaris PGIS Kota Surabaya, Iin Sukmawati Parada, S.Th., dan Yohanes Julianto, S.Th, selaku pembina PBSSS. Setiap penanggap memberikan masukan sekaligus evaluasi terhadap perspektif yang disampaikan oleh panelis pembicara.

Sementara itu dalam sambutannya, Pdt. Indro Sujarwo, S.Ag., selaku ketua PGIS Kota Surabaya menyatakan menyambut baik kerjasama dari PGIS dan PBSSS dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Kemudian Pdt. Indro juga mekankan bahwa generasi muda adalah generasi yang produktif dan nanti akan mewarisi tonggak kepemimpinan.

Format diskusi panel dikemukakan untuk memberi ruang bagi generasi muda dari STT menyampaikan pendapatnya tentang semangat Sumpah Pemuda dan relevansinya dalam kehidupan kontemporer. Ada lebih dari 100 peserta diskusi yang dilaksanakan secara daring via Zoom ini dari berbagai STT yang ada di Surabaya dan sekitarnya.